•  

UNLA KEMBANGKAN KURIKULUM SESUAI SNPT | Pascasarjana UNLA

UNLA KEMBANGKAN KURIKULUM SESUAI SNPT

foto informasi

Berdasarkan hasil evaluasi penerapan kurikulum yang telah berjalan, masih ditemukan adanya ketidaksesuaian berkaitan dengan penerapan mata kuliah yang tumpang tindih. Oleh karena itu perlu suatu upaya perbaikan kurikulum tanpa mengurangi konten yang sudah sesuai dengan kebutuhan para stakeholder, serta kebutuhan dalam memenuhi kesesuaian dengan perundangan yang mengacu pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), dan Kebijakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) melalui Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.


Atas dasar tersebut, Kamis, tanggal 29 Desember 2016 bertempat di R. Seminar Rektorat Lt. 4, UNLA membuat acara Lokakarya Penyusunan Kurikulum Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Lokakarya ini menghadirkan tiga orang nara sumber, antara lain Dr. Funny M. Elita, Dra., M,Si., yang juga sebagai assesor BAN PT dan Kepala Lembaga Penjamin Mutu Universitas Padjadjaran. Nara sumber lainnya adalah Prof. Dr. H. Dadang Sadeli, Drs., M.Si. (Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Langlangbiana) dan Dr. H. Mumun Syaban (Ketua LPPM Unla).


Keberadaan Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dan Mata Kuliah Wajib (MKWU) merupakan kebijakan rektorat yang harus dilaksanakan berkesinambungan dengan jumlah 19 SKS. Sedangkan sisanya diatur fakultas dan Prodi dengan total minimal 144 SKS.


Adapun Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk memberikan arahan dan menetapkan kebijakan pengembangan kurikulum sesuai dengan UU No. 12 Tahun 2012 tentang KKNI dan SNPT, meningkatkan mutu Prodi, dan diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang unggul dan profesional sesuai kebutuhan stake holders.


(Nantia Rena, Humas Unla)